Jakarta, 23 Desember 2014 – Pencapaian positif industri otomotif Indonesia, yang mampu mencatatkan penjualan mobil (retail sales) melampaui angka 1 juta unit dalam setahun pada tahun 2012 dan 2013, mendapat tantangan di tahun 2014. Persaingan antar brand yang
semakin kompetitif diwarnai dengan momentum politik berupa pergantian
pemerintahan baru melalui Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif pada April
2014, dan Pemilu Presiden pada Juli 2014 mengawali perjalanan semester
pertama industri otomotif di tahun 2014. Di penghujung tahun 2014,
tepatnya November 2014, kebijakan pemerintah untuk menaikan harga Bahan
Bakar Minyak (BBM) menjadi penutup serangkaian gejolak dan tantangan
yang dihadapi industri otomotif selama satu tahun.
Di tengah situasi eksternal yang begitu
bergolak sepanjang tahun 2014, nyatanya industri otomotif pada tahun ini
merespon dengan menorehkan prestasi penjualan yang tak kalah cemerlang
dibandingkan tahun 2013. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan
Bermotor Indonesia (GAIKINDO), penjualan secara retail
industri otomotif dari Januari hingga November 2014, mencatatkan angka
penjualan yang berhasil menembus 1 juta unit, yakni dengan total
penjualan sebesar 1.090.579 unit. Angka tersebut memang turun ketimbang
tahun lalu dengan catatan 1.098.331 unit. Namun, keberhasilan industri
menembus angka penjualan sebanyak 1 juta unit, setidaknya melanjutkan
tren penjualan di atas 1 juta unit selama tiga tahun berturut – turut
sejak tahun 2012.
Prediksi akan kondisi industri dan pasar yang ketat sepanjang tahun 2014, membuat PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) berfokus
pada peningkatan kualitas dan layanan kepada calon konsumen dan
konsumen Suzuki. Komitmen tersebut diwujudkan dalam beragam program
menarik, baik sales dan after sales, hingga peluncuran
produk – produk baru di sepanjang tahun. Hasilnya PT. SIS mampu
meningkatkan penjualan secara retail sepanjang Januari – November 2014
dengan catatan sebesar 145.356 unit. Angka tersebut
naik dibandingkan periode yang sama pada tahun 2013 dengan penjualan
sebesar 142.448 unit. Catatan penjualan tersebut membuat PT. SIS
menguasai pangsa pasar sebesar 13,3%, naik dibandingkan tahun lalu yang hanya sebesar 13%. Pencapaian tersebut membawa Suzuki bertahan di posisi ketiga dalam penguasaan pangsa pasar otomotif nasional.
Prestasi ini membuktikan kecermatan
Suzuki dalam memprediksi dan merespon secara efektif kondisi industri
dan pasar. Tak hanya itu, tahun 2014 juga dicanangkan sebagai tahun quality up acceleration bagi
Suzuki Indonesia. Berbagai target dicanangkan di awal tahun, dengan
menggulirkan berbagai program terintegrasi dari mulai produk, marketing
penjualan, hingga purna jual yang ditujukan untuk memberikan nilai,
kepuasan, dan pelayanan yang lebih kepada konsumen dan calon konsumen
Suzuki Indonesia. Keberhasilan – keberhasilan ini diantaranya adalah:
1. Strategi Produk
Untuk mendukung penjualan, PT. SIS telah
mempersiapkan berbagai strategi termasuk produk. Sepanjang tahun 2014,
PT. SIS telah memperkenalkan lima produk baru kepada masyarakat di
Indonesia. Peluncuran Mega Carry/Xtra dengan fitur Power Steering & AC, serta Mega Carry Box
di bulan Februari 2014 mengawali peluncuran produk Suzuki di tahun
2014. Peluncuran produk baru ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan
bagi para pengguna Carry yang dipercaya akan juga meningkatkan
produktivitas wirausahawan Indonesia.
Melanjutkan launching produk di tahun 2014, Suzuki melengkapi varian Ertiga, sebagai andalan di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LPMV), dengan memperkenalkan varian Ertiga Sporty di bulan Maret 2014. Hadir dengan tampilan yang sporty, Ertiga Sporty
memenuhi kebutuhan keluarga Indonesia yang berjiwa muda dan dinamis
yang ingin tampil lebih gaya namun tetap aman dan nyaman dikendarai
melalui mobil ERTIGA.
Mengambil momentum Ulang Tahun Jakarta dan pelaksanaan Jakarta Fair 2014 pada Juni 2014, PT. SIS menghadirkan Karimun WagonR Dilago. Kehadiran KarimunWagonR Dilago
untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang selama ini menginginkan adanya
modifikasi pada kendaraan kesayangannya, sehingga mobil SUPER ini tampil
makin gaya, sesuai dengan makna nama Dilago, “menjadi yang terbaik”. Tak ketinggalan pada ajang pameran otomotif terakbar The 22nd Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 pada bulan September 2014, Suzuki memperkenalkan dua produk terbarunya, Karimun WagonR GS dan APV New Luxury.
Karimun WagonR GS hadir
melengkapi varian Karimun WagonR menjadi 5 varian, setelah sebelumnya
hadir dengan varian GA, GL, GX dan Dilago. Dengan hadirnya Karimun WagonR GS akan
memenuhi permintaan pasangan/ keluarga muda dan urban akan sebuah mobil
yang gaya dan terkini dimana sesuai gaya hidup mereka. Sedangkan, APV New Luxury merupakan upgrade perubahan APV Luxury menjadi lebih mewah.
Selain memperkenalkan jajaran produk
terbarunya, PT. SIS juga menggelar berbagai program aktivasi. Tercatat
terdapat lima program yang digelar sepanjang tahun 2014. Diawali dengan
rangkain acara “Pesta Keluarga Ertiga”, yang digelar sejak bulan Desember 2013 hingga Maret 2014 di 31 kota di Indonesia. Kemudian, hadir pula acara “Jalan – Jalan Karimun”
pertama di Taman Budaya Sentul, Jawa Barat pada tanggal 10 Mei 2014,
dilanjutkan dengan penyelenggaraan di 35 kota di Indonesia pada kurun 18
– 22 Juni 2014. Selain itu, untuk memberikan apresiasi kepada para
pengguna setia Carry, pada tahun ini PT. SIS menyelenggarakan acara Gathering Carry Pick Up di 35 kota di Indonesia.
Tambahan pula, untuk meningkatkan brand image Suzuki maka PT. SIS memanfaatkan momentum The 22nd Indonesia International Show (IIMS) 2014 guna memperkenalkan jajaran produk unggulannya. Pada ajang tersebut, Suzuki membawa serta beberapa reference models dan concept booth global Suzuki yang pertama kali diaplikasikan di Indonesia. Sebelumnya, PT. SIS juga turut hadir memeriahkan event Jakarta Fair 2014 dengan mengusung tema booth “Betawi Modern”, sebagai upaya melestarikan budaya Betawi bagi generasi muda.
2. Program Pemasaran dan Penjualan
Tahun 2014, PT. SIS mengeluarkan
berbagai program penjualan yang menarik, diantaranya yang digelar untuk
mendukung penjualan produk tertentu, seperti program Super Test Drive Wagon R
yang digelar sejak November 2013 hingga Maret 2014, Ertiga Juara yang
digelar dimulai bulan Januari hingga Maret dan periode Mei – Juli, serta
program free installment untuk Ertiga & Karimun Wagon R.
Tambahan pula, salah satu program inovasi dan unggulan di tahun 2014
adalah program yang memberikan tiga keuntungan sekaligus bagi pembeli
kendaraan dan merk Suzuki apa saja, yang digelar dalam rangka mendukung sponsorship Suzuki di turnamen AFF Suzuki Cup 2014, yakni program bertajuk AFF Suzuki Triple Bonus 2014.
Tak hanya program penjualan, PT. SIS juga menghadirkan berbagai pameran dan event penjualan. Suzuki Super Smart yang digelar di Summarecon Mall Bekasi pada tanggal 5 – 11 Mei 2014, mengawali rangkaian pameran dan event penjualan
Suzuki di tahun 2014. Memanfaatkan momentum Pekan Raya Jakarta, PT.
SIS menghadirkan tema dan program khusus bertajuk Si Pitung (Suzuki Pasti Untung) selama pelaksanaan Pekan Raya Jakarta. Tak ketinggalan, PT. SIS juga menggelar event akbar roda empat “Pesta Otomotif Mobil Suzuki (POMS)” yang
memadukan unsur otomotif, komunitas, penjualan, dan hiburan muusik
dalam satu event. Pada tahun ini, POMS telah diselenggarakan di Surabaya
(22 Juni 2014), Jakarta (16 – 17 Agustus 2014) dan Pekan Baru (28 – 29
September 2014).
3. Ekspor
Di tahun 2014, PT. SIS berhasil mencatat
angka positif untuk jumlah unit kendaraan yang diekspor. Sepanjang
Januari – November 2014, PT. SIS berhasil mengekspor total (gabungan Completely Built-Up/ CBU dan Completely Knock Down/CKD) sebanyak 23.827
unit kendaraan. Hal yang menarik, dari angka tersebut Karimun Wagon R
memberikan kontribusi cukup besar bagi ekspor PT.SIS. Karimun Wagon R
berhasil diekspor sebanyak total 7.536 unit, dengan negara tujuan ekspor
Karimun Wagon R ke Pakistan. Selain itu, PT. SIS juga mengekspor
komponen knocked down (KD) sebanyak 5.745 unit.
4. Pelayanan Purna Jual
Untuk meningkatkan kepuasan konsumen
terhadap produk Suzuki, di tahun 2014 PT.SIS melakukan berbagai
perbaikan dan penyempurnaan di segi pelayanan purna jual. Berbagai
inisiatif telah dijalankan di sepanjang tahun ini. Inisiatif – inisiatif
ini diantaranya adalah:
- Memperkenalkan layanan Suzuki Express Maintenance, sebuah layanan servis cepat Suzuki dengan dukungan 2 teknisi pada 1 mobil dan didukung dengan tools dan equipment khusus sehingga pekerjaan service lebih cepat, servis ini diperkenalkan mulai bulan Januari 2014.
- Perubahan Free Service, mulai 1 April 2014, pelanggan dapat menikmati free jasa sampai dengan 50.000 km tanpa batas waktu di seluruh jaringan resmi Suzuki.
- Suzuki Day, kegiatan Free Service Campaign yang dilaksanakan di beberapa kota, terutama Jabodetabek. Dimana pelanggan dapat melakukan pergantian oli gratis, 23 item check pengerjaan, hingga diskon Suzuki Genuine Accessories (SGA) dan Suzuki Genuine Part (SGP).
- Pembukaan Pusat Perbaikan Bodi Mobil Suzuki. Dalam rangka memberikan pelayanan purna jual dalam hal perbaikan bodi, salah satunya berlokasi di Pulogadung. Pusat Perbaikan Bodi Mobil Suzuki di merupakan hasil kerja sama PT. SIS dan PT. Sejahtera Buana Trada (SBT). Pusat Perbaikan Bodi Mobil Suzuki merupakan terobosan karena dibangun dengan standar Suzuki Motor Corporation.
Penghargaan
Beragam capaian PT. SIS pada tahun 2014, disempurnakan dengan diraihnya beragam penghargaan. Ertiga, dengan tagline-nya Lebih Mengerti Keluarga, berhasil meraih beragam penghargaan. Beberapa penghargaan yang diraih meliputi “Best Resale Value” dari Indonesia Car Lifestyle Award (ICLA) 2014, “Car of The Year 2014” dan “Value for Money Car of The Year 2014” dari Frost & Sullivan Indonesia Excellence Awards, “Pariwara Mitra Keluarga Award 2014” dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), serta Best Small MPV” dari Indonesia Car of The Year (ICOTY) 2014.
Swift melengkapi penghargaan yang diraih dengan penghargaan “Best Small Hatchback” dari Otomotif Award 2014. Sementara itu, Karimun Wagon R juga turut berprestasi dengan meraih penghargaan sebagai “Best Affordable” dari Indonesia Car Lifestyle Award (ICLA) 2014 dan “Best LCGC” dari Otomotif Award 2014.
Dengan capaian PT. SIS pada tahun 2014, Davy J. Tuilan, 4W Sales, Marketing & DND Director PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengungkapkan, “Kami
bersyukur di tengah ketatnya persaingan pasar dan beragam situasi dan
kebijakan pemerintah sepanjang tahun 2014, PT. SIS dapat mempertahankan
posisi dan market sharenya di industri otomotif di Indonesia. Atas
keberhasilan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat,
terutama para konsumen Suzuki, atas dukungannya terhadap Suzuki. Dengan
pencapaian ini, tentunya akan semakin memotivasi kami menghadapi tahun
2015 yang penuh tantangan,”ujar Davy. Davy juga
menambahkan fokus PT. SIS di tahun depan adalah untuk terus meningkatkan
kualitas dan pelayanan bagi konsumennya, baik melalui peluncuran produk
baru yang dapat menjawab kebutuhan pasar Indonesia, maupun peningkatan
layanan purna jual.
Sebagai bentuk keseriusan Suzuki
Indonesia, pada tahun 2015 nanti Suzuki direncanakan akan mengoperasikan
pabrik baru di kawasan Greenland International Industrial Center (GIIC), Cikarang.
Dengan beroperasinya pabrik baru tersebut, diharapkan dapat
meningkatkan produksi produk – produk Suzuki sehingga dapat memenuhi
kebutuhan masyarakat Indonesia.
Suzuki Year End Media Gathering 2014 ini
adalah salah satu bentuk komitmen Suzuki Indonesia yang telah lebih
dari 40 tahun sebagai salah satu brand otomotif besar di Indonesia dengan slogan “Suzuki Way of Life” yang merefleksikan komitmen Suzuki untuk terus berusaha menghasilkan 4 elemen yaitu Spirit, Straightforward, Sporty dan Value. Slogan tersebut menjadi dasar untuk memperkuat primary brand image Suzuki sebagai brand
otomotif yang terpercaya di Indonesia, serta menjawab tantangan
industri kendaraan roda empat kedepannya dengan memiliki jaringan
penjualan di seluruh Indonesia.