Jakarta - Suzuki menawarkan varian baru Ertiga dengan mesin diesel sebagai alternatif mesin bensin yang selama ini beredar. Nama mobilnya sepertinya sudah pasti Ertiga Hybrid.

Hal itu terlihat jelas dari emblem yang ada di bagian belakang mobil Ertiga seperti terlihat dalam sebuah foto yang diperoleh detikOto, Jumat (13/1/207). Di sisi mobil dekat roda depan, ada kode DDiS yang menandakan mesin diesel. Mobil memiliki teknologi mild hybrid Suzuki yang disebut Suzuki, Smart Hybrid Vehicle by Suzuki/SHVS.



Suzuki Namai Ertiga Dieselnya, Ertiga HybridFoto: Suzuki

Ertiga diesel diperkuat dengan mesin berkapasitas 1.3 liter yang memiliki tenaga hingga 66 kW di 4.000 rpm dengan torsi 200 Nm di 1.750 rpm. Mesin ini pun sudah dilengkapi dengan teknologi DDiS Super Turbo.

Ertiga SHVS, seperti halnya diesel menggunakan mesin berkode DDiS 200. Bedanya, di balik kap mesinnya sudah menggunakan Integrated Starter Generator (ISG), karena ini sistemnya mild hybrid, Suzuki tidak menambahkan motor listrik.

Sebagai gantinya, adalah ISG tadi. Perangkat ini mendapatkan energi yang diperoleh dari pengereman kendaraan dan kemudian menggunakan energi itu untuk meningkatkan efisiensi mesin dengan menyediakan tambahan energi buat mesin.

Dengan SHVS, Suzuki bisa memasang fitur seperti Idle Stop Start, mobil bisa mati sendiri kala tengah berhenti di lampu merah, kemudian mesin akan menyala lagi begitu pedal gas diinjak.

Dengan teknologi tadi, konsumsi BBM Ertiga SHVS bisa ditekan sampai dengan 50 persen dari mobil lain. Di India, Suzuki Ertiga diesel sudah dites dan hasilnya kabarnya mencapai 24,52 kilometer per liter. (ddn/ddn)
Tagged
Different Themes
Written by Templateify

Aenean quis feugiat elit. Quisque ultricies sollicitudin ante ut venenatis. Nulla dapibus placerat faucibus. Aenean quis leo non neque ultrices scelerisque. Nullam nec vulputate velit. Etiam fermentum turpis at magna tristique interdum.